Beranda » Kredit Perbankan » 10 Syarat KUR Bank BSI 2021 : Bunga dan Tenor Pinjaman

10 Syarat KUR Bank BSI 2021 : Bunga dan Tenor Pinjaman

Syarat Pinjaman KUR Bank BSI

Bank Syariah Indonesia (BSI) memiliki beragam produk pinjaman. Salah satu yang menarik adalah pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). Ada tiga jenis pinjaman KUR yang disediakan Bank BSI  dan untuk mengetahui syarat pinjaman tersebut silahkan simak informasi berikut.

Bank BSI menyediakan tiga jenis pinjaman KUR yang terdiri dari Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil. Perbedaan ketiganya terletak dari jumlah plafond pinjaman yang diberikan. Untuk yang terkecil adalah KUR Super Mikro.

Ketiga jenis KUR tersebut hanya diberikan kepada nasabah yang memiliki usaha aktif dan produktif. Itu artinya tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman ini karena wajib memiliki usaha yang layak mendapatkan pinjaman.

Dengan adanya pinjaman KUR Bank BSI maka bisa menjadi solusi bagi para pengusaha UMKM untuk mendapatkan pinjaman berbasis syariah. Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KUR Bank BSI?

Soal persyaratan tidak perlu khawatir, karena syaratnya tergolong mudah. Yang paling penting adalah harus memiliki usaha. Sedangkan syarat lainnya bisa anda simak pada artikel meganrossee.com berikut ini.

Keunggulan

Sebelum membahas mengenai syarat pengajuan KUR Bank BSI, mari kita terlebih dahulu menyimak beragam keunggulan dari produk pinjaman Bank BSI tersebut.

  1. Proses pengajuan pinjaman mudah dan cepat
  2. Nasabah tidak akan dikenakan biaya provisi dan administrasi
  3. Sesuai dengan prinsip syariah sehingga nasabah terhindar dari riba
  4. Angsuran ringan
  5. Tersedia berbagai skema pinjaman sesuai dengan kebutuhan produktif nasabah

Berbeda dengan KUR dari Bank BRI, Mandiri, BNI, ataupun BTN, pinjaman KUR dari Bank BSI tidak dikenakan bunga. Sebab pinjaman ini menggunakan prinsip syariah dengan skema Murabahah, Ijarah, dan MMQ,

Nasabah bisa bebas memilih skema pinjaman yang diinginkan. Dengan adanya skema tersebut maka nasabah bisa terhindar dari riba.

Banyak orang percaya bahwa Riba akan membawa kesusahan di dunia dan di akherat. Bagi yang percaya maka KUR Bank BSI merupakan solusi paling tepat untuk mendapatkan pinjaman tanpa adanya Riba.

Sebenarnya, Riba atau tidaknya tergantung dari penilaian yang diatas. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin untuk taat dengan ajaran agama Islam.

Syarat KUR Bank BSI

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR Bank BSI

Seperti yang kami sampaikan di atas, pinjaman KUR Bank BSI terbagi menjadi tiga jenis, yakni KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil. Ketiganya memiliki syarat yang hampir sama. Dimana persyaratannya adalah sebagai berikut

Syarat Umum

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 21 tahun atau telah menikah
  3. Memiliki usaha yang berjalan minimal 6 bulan
  4. Memiliki riyawat kredit yang lancar
  5. Tidak sedang memiliki pinjaman perbankan di bank lain ataupun di Bank BSI, kecuali KPR dan KKB

Nasabah yang tertarik mengajukan pinjaman KUR BSI wajib memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan. Nantinya akan ada petugas dari Bank BSI yang meninjau lokasi usaha untuk menentukan apakah usaha tersebut layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Yang tak kalah penting, nasabah harus memiliki riyawat kredit yang bagus dan lancar. Tentu Bank BSI tidak akan memberikan pinjaman jika sebelumnya riyawat kredit nasabah buruk dan pernah bermasalah dengan kredit perbankan.

Bank BSI akan menggunakan database laporan SLIK OJK untuk melihat riyawat kredit nasabah. Jika ternyata masuk ke dalam daftar blacklist maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan ditolak.

Persyaratan Dokumen

  1. Fotocopy KTP nasabah dan pasangan
  2. Fotocopy Kartu Keluarga atau Akta Nikah
  3. Legalitas usaha minimal surat keterangan usaha dari kelurahan
  4. Fotocopy dokumen agunan untuk pinjaman KUR Kecil
  5. Fotocopy NPWP untuk pinjaman KUR Kecil

Selain harus memenuhi semua persyaratan umum di atas, nasabah juga harus menyiapkan semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Nah, khusus untuk KUR Kecil wajib memiliki NPWP dan dokumen agunan berupa sertifikat tanah ataupun BPKB kendaraan bermotor.

Soal agunan atau jaminan tergantung dari kebijakan Bank BSI. Untuk kondisi tertentu, nasabah bisa mengajukan pinjaman KUR Super Mikro dan KUR Mikro tanpa perlu adanya jaminan. Untuk memastikannya kami sarankan bertanya langsung ke petugas Bank BSI saat mengajukan pinjaman.

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BSI

Skema Pinjaman KUR Bank BSI

Silahkan mempersipkan semua persyaratan di ata. Jika sudah lengkap maka tinggal mengajukan pinjaman. Ada dua cara pengajuan KUR Bank BSI. Yang pertama adalah mengajukan pembiayaan melalui kantor cabang terdekat, lalu yang kedua secara online.

Pengajuan KUR Bank BSI secara online bisa melalui aplikasi BSI Mobile yang bisa didownload di Play Store atuapun App Store. Kami sendiri menyarankan untuk datang langsung ke kantor cabang terdekat agar bisa mengetahui secara rinci skema pinjaman yang ditawarkan.

Pada saat mengajukan pinjaman, nasabah akan disuruh memilih jenis KUR yang dibutuhan. Apabila membutuhkan pinjaman dibawah 10 Juta maka bisa mengajukan pinjaman Super Mikro. Selain itu, ada pula pinjaman KUR Mikro dengan plafon >Rp. 10-50 Juta.

Sedangkan untuk UMKM yang membutuhkan modal besar bisa mengjaukan pinjaman KUR Kecil dengan plafon di atas Rp. 50 Juta sampai dengan Rp. 500 Juta. Namun untuk pinjaman tersebut wajib menyertakan fotocopy NPWP.

Tenor pinjaman KUR Bank BSI juga cukup panjang. Dimana untuk tujuan Modal Kerja memiliki jangka waktu 3-4 Tahun. Sedangkan untuk Modal Investasi mencapai 5 Tahun. Lalu bagaimana soal bunga, apakah benar-benar 0%.

Mengingat KUR Bank BSI menggunakan prinsip syariah, maka tidak dikenakan bunga. Sebagai gantinya adalah margin pinjaman dengan nilai setara 6%. Jadi bisa dikatakan margin tersebut tidak berbeda jauh dengan bunga KUR BRI ataupun KUR bank lainnya.

Terlepas dari masalah bunga ataupun margin pinjaman, yang paling penting syarat pengajuan KUR Bank BSI sangat mudah dan nasabah tidak dikenakan biaya administrasi ataupun biaya provisi.

Kesimpulan

Dengan semua keunggulan yang ditawarkan Bank Syariah Indonesia, pinjaman KUR Bank BSI bisa menjadi solusi tepat untuk para pengusaha UMKM yang membutuhkan pinjaman modal kerja ataupun modal investasi. Apalagi syarat pengajuan pinjaman ini cukup mudah dan proses pengajuannya tergolong cepat.

Silahkan anda datang langsung ke kantor cabang Bank BSI terdekat atau menghubungi call center Bank BSI di nomor 14040 untuk memastikan semua persyaratan yang dibutuhkan. Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengajukan KUR BRI Online dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *