Beranda » Pinjaman Online » 7 Resiko Jika Tidak Membayar Shopee Paylater

7 Resiko Jika Tidak Membayar Shopee Paylater

Resiko Jika Tidak Bayar Shopee Paylater

Apakah kalian berencana tidak membayar tagihan Shopee Paylater? Kami sarankan untuk berpikir dua kali. Sebab ada banyak sekali resiko yang harus dihadapi jika tidak membayar Shopee Paylater. Untuk mengetahui apa saja resikonya, silahkan simak informasi berikut.

Shopee Paylater merupakan layanan pinjaman online yang telah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK. Pinjaman online ini memiliki kekuatan hukum yang jelas sehingga bisa mengambil langkah hukum apabila ada pengguna yang lari dari tanggung jawabannya.

Yah, kewajiban semua pengguna Shopee Paylater adalah harus membayar tagihan tepat waktu. Pembayaran harus dilakukan paling lambat pada tanggal jatuh tempo. Jika melewati jatuh tempo maka akan dikenakan denda keterlambatan.

Denda keterlambatan Shopee Paylater tidak bisa dikatakan kecil. Denda tersebut akan membuat tagihan bertambah besar dan bisa semakin menumpuk jika anda tetap tidak membayar tagihan. Padahal tagihan wajib dibayarkan beserta denda dan bunganya.

Jika memang tidak bayar bayar tagihan maka lebih baik jangan mengajukan pinjaman. Pasti banyak yang tergiur mengajukan Shopee Paylater karena proses pengajuannya sangat mudah. Apalagi sebagian besar pengguna Shopee bisa mengaktifkan layanan ini.

Memang tidak semua, namun bagi pengguna yang telah memenuhi syarat maka bisa langsung mengaktifkan layanan ini. Setelah layanan aktif maka pengguna akan mendapatkan limit kredit untuk berbelanja di Shopee.

Banyak yang kalap dan menghabiskan limit kredit untuk berbelanja atau membeli barang di Shopee. Padahal kenyatannya tidak mampu membayar tagihan setiap bulannya. Nah apabila mengalami permasalahan tersebut, silahkan simak informasi resiko jika tidak membayar Shopee Paylater pada artikel meganrossee.com di bawah ini.

Resiko Jika Tidak Membayar Tagihan Shopee Paylater

Resiko Tidak Bayar Tagihan Shopee Paylater

1. Denda Keterlambatan

Shopee akan memberikan denda keterlambatan bagi para pengguna yang telat bayar tagihan. Denda akan semakin menumpuk jika pengguna tidak membayar tagihan Shopee Paylater. Alhasil denda semakin menggunung dan dana harus dikembalikan semakin besar.

Adapun denda keterlambatan Shopee Paylater adalah sebesar 5% dari total tagihan. Denda tersebut wajib dibayarkan beserta dengan bunga dan total pinjaman. Jangan biarkan denda semakin menumpuk karena hanya akan membuat tagihan bertambahn besar.

Agar terhindar dari denda maka harus membayar tagihan paling lambat pada tanggal jatuh tempo. Dimana tanggal jatuh tempo Shopee Paylater bisa anda simak pada artikel berikut “Denda Keterlambatan Shopee Paylater“.

2. Limit Tidak Bisa Digunakan

Shopee Paylater tidak akan bisa digunakan untuk berbelanja apabila anda masih memiliki tunggakan cicilan yang harus dibayarkan. Agar bisa kembali menggunakan layanan ini maka harus terlebih dahulu melunasi semua tagihan, beserta dengan bunga dan denda keterlambatan.

Wajar apabila Shopee mengambil langkah tersebut. Tentu pihak Shopee ingin meminimalisir terjadinya tunggakan cicilan dalam jumlah besar sehingga harus menonaktifkan sementara akun Shopee Paylater yang tidak bisa membayar tagihan.

3. Skor Kredit Menurun

Mengingat Shopee telah terdaftar secara resmi di OJK maka setiap transaksi pengguna akan diawasi oleh OJK. Jika ada pengguna yang tidak bisa membayar tagihan maka otomatis akan tercatat dalam riyawat kredit SLIK OJK. Hal ini akan mengakibatkan skor kredit menurun.

Saat ini skor kredit menjadi acuan utama untuk menentukan kelayakan nasabah perbankan ataupun pinjaman online. Jika skor kredit buruk maka bisa mengakibatkan pengajuan pinjaman ditolak.

4. Tidak Bisa Upgrade Limit SPaylater

Meskipun sudah membayar semua tagihan Shopee Paylater, namun karena memiliki riyawat kredit yang buruk maka anda akan kesulitan untuk mengajukan kenaikan limit SPaylater.

Biasanya Shopee akan memberikan upgrade limit secara otomatis kepada pengguna yang memiliki riyawat kredit lancar. Jika riwayat kredit buruk dan skor kredit menurun maka otomatis hal tersebut tidak akan terjadi.

5. Masuk Daftar Blacklist

Yang paling parah adalah jika sampai masuk ke dalam daftar blacklist SLIK OJK. Bagi pengguna SPaylater yang masuk ke dalam daftar blacklist SLIK OJK maka akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman ke perbankan ataupun pinjaman online.

Butuh waktu cukup lama agar blacklist bisa hilang. Tentu hal ini akan sangat merugikan. Terlebih jika harus mengajukan pinjaman ke bank dalam jumlah besar. Agar terhindar dari hal ini maka pastikan membayar semua tagihan Shopee Paylater.

6. Penagihan Debt Collector

Jika dalam waktu 3 bulan pengguna Shopee Paylater tidak bisa membayar tagihan maka bisa dilakukan penagihan melalui debt colllector. Namun sebelum itu biasanya akan terlebih dahulu dilakukan penagihan melalui email, telepon, whatsapp, ataupun sms.

Apabila semua penagihan tidak berhasil dan pengguna tetap tidak mau membayar tagihan Shopee Paylater maka pihak Shopee berhak mengutus debt collector untuk melakukan penagihan langsung ke alamat rumah yang terdaftar saat mengaktifkan Shopee Paylater.

7. Berurusan Dengan Hukum

Banyak pengguna yang kabur karena tidak ingin membayar tagihan Shopee Paylater. Hal ini bisa berakibat fatal karena pihak Shopee bisa melaporkannya ke Kepolisian. Alhasil anda bisa masuk menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang).

Inilah resiko terberat jika tidak membayar tagihan Shopee Paylater. Tentu anda tidak ingin berurusan dengan hukum karena hanya sekedar tidak membayar Shopee Paylater. Jika memang tidak bisa membayar kami sarankan untuk meminta keringanan.

Anda bisa berkomunikasi dengan pihak debt collector yang melakukan penagihan atau menghubungi customer service Shopee di nomor 1500702 untuk meminta tenggat waktu pembayaran. Jangan kabur, karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah.

Kesimpulan

Seperti yang anda lihat di atas, ada banyak sekali resiko jika tidak membayar tagihan Shopee Paylater. Semua resiko di atas harus anda hadapi apabila berniat tidak mau membayar tagihan SPaylater.

Ada baiknya selalu membayar tagihan secara tepat waktu agar terhindar dari semua permasalah di atas. Jika pun telat bayar, maka jangan sampai lebih dari 1 bulan agar skor kredit tidak menurun dan tetap bisa menggunakan Shopee Paylater.

Nah demikianlah informasi mengenai resiko jika tidak membayar Shopee Paylater. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan simak pula artikel lainnya mengenai “Denda Kredivo” dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *