Beranda » Pinjaman Online » Bunga Shopee Pinjam dan Cara Menghitung Bunga Per Bulan

Bunga Shopee Pinjam dan Cara Menghitung Bunga Per Bulan

Bunga Shopee Pinjam

Sekarang tidak perlu lagi ke bank untuk mendapatkan pinjaman uang tunai. Sebab Shopee sudah menyediakan fitur SPinjam atau Shopee Pinjam. Dengan layanan ini, pengguna Shopee bisa mengajukan pinjaman dengan bunga Shopee Pinjam yang cukup rendah.

Bunga Shopee Pinjam bisa bersaing dengan layanan pinjaman online lainnya, seperti Dana Tunai, Akulaku, Home Credit, dan masih banyak lagi lainnya. Pengajuan pinjaman ini juga mudah, namun hanya tersedia untuk pengguna terpilih.

Tidak semua pengguna Shopee bisa mengajukan pinjaman ini. Bagi yang terpilih akan muncul menu SPinjam pada aplikasi Shopee. Kemudian tinggal mengaktifkan layanan tersebut, lalu dilanjutkan dengan mengajukan pinjaman.

Cara mengaktifkannya cukup mudah. Bagi yang belum tahu silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam“. Setelah layanan tersebut aktif, maka barulah bisa mengajukan pinjaman.

Shopee memberikan pinjaman hingga nominal di atas Rp. 5 Juta Rupiah. Nominalnya memang tidak sebesar pinjaman bank, namun tak jadi masalah selama pengajuannya mudah dan cepat.

Nantinya uang pinjaman akan ditransfer ke rekening yang telah didaftarkan saat mengajukan pinjaman. Kemudian setiap bulan tinggal membayar cicilan beserta bunganya. Nah yang jadi pertanyaan, berapakah bunga Shopee Pinjam?

Bunga Shopee Pinjam

Bunga SPinjam Per Bulan

Pada saat kami mengajukan pinjaman online ini, Shopee memberikan informasi bahwa bunga Shopee Pinjam adalah mulai dari 2.95% per bulan. Bunga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari pihak Shopee.

Selain bunga, pengguna Shopee Pinjam juga dikenakan biya penanganan sampai dengan 3% per transaksi. Biaya tersebut akan dipotong langsung dari total pinjaman yang diajukan sehingga uang yang diterima pengguna SPinjam akan dipotong 3%.

Apabila dihitung per tahun, tentu bunga SPinjam akan terasa cukup besar. Untungnya proses pengajuan pinjaman ini cukup mudah sehingga tak masalah apabila dikenakan bunga sebesar itu.

Kemudian untuk masa cicilan yang ditawarkan Shopee mencapai 12 bulan. Pengguna bebas memilih masa cicilan ketika mengajukan pinjaman. Semakin lama masa cicilannya, tentu bunganya akan terasa semakin besar.

Anda harus siap membayar bunga serta biaya penanganan apabila mengajukan pinjaman ini. Bagi sebagian orang tentu tak jadi masalah. Apalagi Shopee Pinjam menawarkan pinjaman tunai yang bisa langsung cair ke rekening.

Pencairan pinjaman maksimal 2×24 Jam. Namun apabila sudah sering mengajukan pinjaman dan terbukti memiliki riyawat pembayaran cicilan yang lancar maka pencairan bisa dilakukan secara instan langsung ke rekening bank yang didaftarkan.

Bunga Telat Bayar SPinjam

Lalu bagaimana jika telat bayar, apakah bunganya tetap sama? Apabila telat bayar bunganya tetap sama, yakni mulai dari 2.95% per bulan. Selain bunga, pengguna yang telat bayar cicilan juga dikenakan denda keterlembatan.

Besaran denda keterlambatan rupanya lebih besar dibanding bunga. Dimana dendanya silahkan simak pada artikel “Denda Telat Bayar Shopee Pinjam“.

Kami sarankan jangan sampai tepat bayar agar terhindar dari denda. Pembayaran cicilan SPinjam harus dilakukan paling lambat pada tanggal jatuh tempo, yakni tanggal 5 setiap bulannya.

cara Menghitung Bunga Shopee Pinjam

Perhitungan Bunga Shopee Pinjam

Meskipun sudah mengetahui besaran bunga SPinjam, pasti masih banyak yang bingung cara menghitung bunga tersebut. Cara menghitungnya cukup mudah karena bunga SPinjam dihitung per bulan sesuai dengan jumlah pinjaman.

Sebagai contoh, apabila anda meminjam uang sebesar Rp. 6.000.000 maka bunganya adalah sebesar Rp. 6.000.000 x 2.95% = Rp. 177.000 per bulan. Bunga tersebut akan ditambahkan dengan jumlah cicilan per bulan.

Apabila memilih jangka waktu cicilan 3 bulan maka setiap bulan harus membayar Rp. 2.000.000 + Rp. 177.000 (Bunga) = Rp. 2.177.000. Total pembayaran bulanan tersebut tinggal dikalikan jangka waktu cicilan.

Apabila ditotal, maka untuk pinjamanan Rp. 6 Juta dengan jangka waktu cicilan 3 bulan maka total bunganya adalah sebesar Rp. 177.000 x 3 = Rp. 531.000.

Kesimpulan

Dengan bunga minimal 2.95% per bulan tentu tidak akan terlalu memberatkan pengguna Shopee yang membutuhkan pinjaman secara mudah dan cepat. Apalagi syarat pengajuan tidak membutuhkan jaminan ataupun survey.

Pihak Shopee sepenuhnya mengandalkan laporan SLIK OJK untuk menentukan kelayakan pengguna SPinjam. Apabila laporan SLIK OJK bersih dari riwayat kredit buruk maka pengajuan bisa langsung disetujui.

Apabila pinjaman disetujui maka harus membayar bunga cicilan setiap bulannya. Selain itu, ada pula biaya penanganan yang akan dipotong langsung dari pinjaman.

Nah apabila masih ada pertanyaan terkait informasi di atas, silahkan simak halaman FAQ berikut

Pertanyaan Umum

Apakah Shopee Pinjam Dikenakan Bunga?

Yah, pinjaman ini dikenakan bunga sesuai ketentuan dari pihak Shopee

Berapa Bunga Shopee Pinjam Per Bulan?

Bunganya mulai dari 2.95% per bulan

Apakah Bunga Dihitung Berdasarkan Cicilan Per Bulan?

Tidak, bunga dihitung berdasarkan total pinjaman, kemudia ditambahkan dengan cicilan per bulan.

Berapa Bunga Shopee Pinjam Jika Telat Bayar?

Bunganya tetap sama, yakni 2.95% per bulan. Namun untuk keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.

Nah demikianlah informasi seputar bunga Shopee Pinjam dan cara perhitungan bunga per bulan. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa menjadi referensi bagi yang ingin mengajukan pinjaman tunai dari Shopee tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *