Beranda » Kredit Perbankan » 8 Cara Gadai Emas di Pegadaian Terbaru : Syarat & Ketentuan

8 Cara Gadai Emas di Pegadaian Terbaru : Syarat & Ketentuan

Cara Gadai Emas di Pegadaian Terbaru

Yang namanya kebutuhan pastinya tidak akan pernah ada habisnya, namun ada kalanya kita memiliki kebutuhan yang mendesak. Berbagai macam kebutuhan yang mendesak memang membutuhkan solusi instan salah satunya bisa dengan Cara Gadai Emas di Pegadaian.

Gadai Emas menjadi salah satu fitur dari Pegadaian yang sudah sejak lama ada. Fitur gadai barang berharga ini bisa kamu manfaatkan jika menginginkannya. Untuk melakukan gadai emas sendiri membutuhkan beberapa persyaratan yang tentu saja harus di penuhi.

Jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya dengan pegadaian maka uang akan lebih cepat cair. Bandingkan saja dengan pinjaman uang pastinya membutuhkan proses yang lama dengan syarat yang tentunya lebih banyak.

Sistem gadai emas sendiri sebenarnya hampir sama dengan sistem gadai lainnya di Pegadaian. Hanya saja untuk gadai emas tentunya harga atau nominalnya harus di hitung terlebih dahulu mengikuti harga emas terbaru. Nilai tafsir harga emas inilah yang memang bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk melakukan gadai emas, Nasabah haruslah memiliki surat-surat yang lengkap atas emas tersebut. Prosesnya jelas berbeda dengan jenis pinjmana seperti DANA KUR BRI karena sistem yang digunakan adalah Gadai barang.

Tutorial Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara Gadai Emas di Pegadaian TerbaruSistem Tenor atau lama gadai juga sudah di atur dengan detail oleh Pegadaian dimana Nasabah bisa memilih tenor mulai dari 6-36 bulan. Hitungan bunga juga akan di hitung dari besaran pinjaman serta hasil gadai emas tersebut yang konsumen gadaikan.

Kali ini Meganrossee.com bakalan memberikan beberapa penjabaran menggenai Cara Gadai Emas di Pegadaian Terbaru lengkap dengan syarat dan ketentuannya. Pastikan juga nih paham menggenai penjabaran dibawah ini agar nantinya bisa melakukan gadai emas dengan benar.

1. Urutan Menggadaikan Emas di Pegadaian

Cara Gadai Emas di PegadaianSaat akan menggadaikan emas ke pagadaian jelas harus ada syarat dan juga ketentuan yang harus di lakukan. Jadi kamu wajib tau dahulu proses menggadaikan emas yang benar. Untuk permohonan pinjaman dengan sistem gadai emas sendiri bisa seperti berikut ini.

  1. Persiapkan semua syarat dan ketentuan untuk pengajuan permohonan Gadai.
  2. Jangan lupa siapkan barang yang akan diagunkan (GADAI).
  3. lampirkan surat bukti keaslian emas bisa dengan Bukti Pembelian Asli.
  4. Datangi kantor Pegadaian Terdekat.
  5. Isi formulir pengajuan kredit atau Gadai yang tersedia di kantor cabang Pegadaian.
  6. Nantinya petugas akan melakukan Verifikasi data.
  7. Petugas juga akan menaksir harga emas.
  8. Nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SKB) yang diberikan oleh petugas.

Jika Gadai atau pinjaman di proses biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup beberapa menit asalkan semua dokumen yang dibawa sudah benar dan juga tidak ada yang di pertanyakan antara kedua belah pihak maka proses gadai sudah bisa di laksanakan.

2. Syarat Gadai Emas di Pegadaian

MeganrosseeSetiap proses pengajuan pinjaman atau gadai jelas membutuhkan syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah itu sendiri. Untuk syarat gadai enas di pagadaian sendiri sebenarnya sangatlah mudah di penuhi seperti berikut ini.

  1. Kartu Identitas, seperti KTP, SIM, Buku Nikah atau Paspor yang masih berlaku.
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Emas untuk jaminan pinjaman berserta surat pembelian.
  4. Melakukan biaya administrasi.

Untuk syarat pengajuan pinjaman gadai di pegadaian sendiri terbilang sangat simple dan tidak banyak. Jangan lupa hitung dahulu besaran harga emas yang akan di jamin sehingga pengguna atau Nasabah bisa mengira-ngira akan mendapatkan pinjaman dana tunai berapa rupiah.

3. Ketahui Sistem Gadai di Pegadaian

PegadaianJika kamu Calon Nasabah baru atau mungkin baru akan melakukan gadai maka kamu wajib tau menggenai sistem gadai terlebih dahulu. Meskipun pada intinya Pinjaman yang dapat kamu terima bergantung pada nilai taksir emas yang akan kamu gadaikan nantinya.

Selanjutnya kamu juga akan diberikan beberapa pilihan produk gadai. Berdasarkan hitungan besaran tafsir emas milik nasabah hanya akan bisa di gadai dengan nominal rupiah sebesar  86.5% dari tafsir harga emas tersebut.

Namun perlu di ingat juga kalau setiap jenis gadai yang di tawarkan mungkin akan berpengaruh terhadap presentase pendapatan. Jadi setiap tafsir emas mungkin akan di hitung presentase yang cukup berbeda beda tergantung jenis gadai yang dipilih.

Jangan lupa juga perhatikan Tenor Pinjaman atau waktu pinjaman. Meskipun ada beberapa jenis pinjaman namun seperti biasa kamu bisa di tawari dengan Tenor pinjaman mulai dari 6 sampai dengan 36 Bulan tergantung jenis pinjaman dan juga nominal anggunan.

AHIR KATA

Meskipun mudah namun yang namanya pinjaman baik itu gadai atau apa namanya jika resmi tetap saja memiliki beberapa syarat yang harus di penuhi. Sama seperti pinjaman lainnya untuk gadai semakin besar nilai Anggunan maka akan semakin besar juga nominal tunai yang di dapatkan.

Kamu yang menginginkan pinjamn yang mudah mungkin wajib tau menggenai Syarat KUR Super Mikro BRI yang juga menawarkan pinjaman terbaik. Demikian ulasan kali ini menggenai Cara Gadai Emas di Pegadaian semoga bisa bermanfaat dan juga berguna bagi kamu yang hendak melakukan gadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *