Beranda » Perbankan » 5 Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online

5 Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online

Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online

Ada banyak sekali kasus penipuan yang mengatas namakan pinjaman online. Jika kamu sedang mengalami hal tersebut maka harus tahu menggenai Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online yang benar.

Sekarang ini sudah banyak sekali lembaga yang menawarkan pinjaman uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini menjadikan pinjaman tersebut bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan bagi para peminjam untuk mendapatkan pinjaman yang diinginkan.

Pinjaman online memang memberikan solusi yang sangat praktis dan cepat sehingga sangat membantu bagi yang sedang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan finansial.  Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan pinjaman online karena tidak sedikit fintech yang menawarkan pinjaman secara online ini tidak memiliki izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Maka dari itu, harus lebih teliti lagi sebelum melakukan pinjaman online agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena mengalami banyak masalah seperti bunga yang mencekik ataupun cara penagihan yang disertai dengan ancaman sehingga membuat tidak nyaman dalam menjalani kehidupan.

Jika kamu hendak melakukan pinjaman online namun syarat yang di keluarakan sedikit dan meragukan sebaiknya jangan. Hal ini sama dengan Cara Pinjam Uang di Bank Syariah yang juga membutuhkan beberapa syarat wajib untuk melakukan pinjaman & tidak bisa seenaknya sendiri.

Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online

Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online NakalSelain masalah tersebut juga ada banyak faktor yang sering dilaporkan kepada pihak OJK tentang pinjaman online yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan jumlah yang melapor ke pihak OJK mulai dari tahun 2014 yang hanya mendapat laporan dengan jumlah 2.197 dan hingga tahun 2020 sudah naik menjadi 270 ribu laporan.

Dengan banyaknya laporan ini tentunya membuat kita harus lebih pintar memilih pinjaman online terpeercaya. Nah bagi yang ingin melapor ke OJK, namun belum tahu caranya maka bisa simak ulasan MeganRossee berikut ini.

1. Melalui Nomor Whatsapp

Cara yang pertama yaitu bisa melalui nomor Whatsapp untuk melapor layanan pinjaman online ke pihak OJK. Cara melaporkan ke OJK tentang pinjaman online juga mudah, cukup dengan mengirimkan pengaduan ke nomor 081157157157 kemudian tunggu hingga mendapat balasan dari pihak OJK melalui nomor Whatsapp tersebut.

2. Melalui Nomor Telepon

Cara selanjutnya bisa menggunakan nomor telepon untuk menghubungi pihak OJK dinomor 157 kemudian sampaikan pengaduan yang dirasakan oleh pemohon tentang pinjaman online yang bersangkutan.

Selain itu dengan menggunakan cara ini, pemohon bisa meminta penjelasan ataupun informasi tentang pinjaman online tersebut kepada pihak OJK secara lebih detail. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada hari kerja yaitu hari Senin hingga Jum’at pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

3. Melalui Email

Cara lain yang bisa digunakan untuk melapor ke OJK tentang pinjaman online yaitu melalui alamat email dengan alamat “@ojk.go.id”. Alamat email tersebut bisa digunakan untuk menerima laporan jika mendapati layanan buruk dari pinjaman online yang dirasakan oleh pemohon.

4. Melalui Formulir Online

Formulir online juga bisa digunakan sebagai cara untuk melaporkan tentang layanan pinjaman online ke pihak OJK. Jika suatu saat konsumen pinjaman online merasa dirugikan oleh pinjaman online tersebut, maka bisa melaporkannya ke OJK melalui formulir online ini.

5. Melalui Surat Tertulis

Cara terakhir yaitu melalui surat tertulis untuk melaporkan ke OJK tentang layanan pinjaman online. Pemohon bisa mengirim surat tertulis tentang layanan buruk yang diterima dari pinjaman online yang bersangkutan ke alamat Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Up. Direktorat Pelayanan Konsumen.

Kemudian jangan lupa juga untuk menulis alamat tujuan secara lengkap dan jelas yaitu di “Menara Radius Prawiro Lt.2, Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH Thamrin Nomor 2, Jakarta Pussat, 10530” agar surat bisa sampai ke alamat tujuan.

Syarat Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online

Cara melapor layanan pinjaman online ke OJK prosedurnya cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk melapor ke OJK tentang pinjaman online bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu repot-repot datang ke kantor OJK jika ingin melaporkan layanan pinjaman online tersebut.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar laporan bisa diterima dan mendapatkan respon positif dari pihak OJK. Berikut ini adalah syarat-syarat yang diperlukan untuk melaporkan tentang layanan kurang baik yang diterima saat meminjam online ke pihak OJK.

  1. Terdapat surat permohonan tertulis yang ditujukan kepada pihak OJK.
  2. Laporan tidak dalam proses sengketa dan belum pernah diputus oleh peradilan, lembaga arbitrase atau lembaga mediasi lainnya yang sejenis.
  3. OJK belum pernah memfasilitasi laporan tersebut.
  4. Terdapat kerugian finansial yang disebabkan oleh PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan).
  5. Perhitungan tanggal laporan tersebut berdasarkan dari terbitnya surat hasil penyelesaian laporan oleh PUJK dan laporan tidak boleh lebih dari 60 hari kerja.
  6. Batas waktu yang diberikan sudah habis atau tidak ada penyelesaian dari pihak PUJK.
  7. Laporan tersebut bersifat perdata.

Selain syarat-syarat yang sudah disebutkan diatas, siapkan juga berkas-berkas yang bisa digunakan sebagai pendukung laporan. Berikut ini adalah beberapa berkas yang diperlukan untuk melapor ke OJK tentang layanan pinjaman online.

  1. Terdapat bukti bahwa pemohon sudah menyampaikan laporan ke pihak PUJK yang bersangkutan.
  2. Siapkan surat kuasa atau identitas pemohon.
  3. Kronologis tentang layanan pinjaman online untuk dilaporkan.

Cara Melapor ke OJK Tentang Layanan Pinjaman Online

Setelah memenuhi semua syarat yang diperlukan untuk melaporkan tentang layanan pinjaman online ke pihak OJK, selanjutnya bisa melaporkan ke pihak OJK. Ada 5 cara yang bisa digunakan untuk melaporkan tentang layanan pinjman online serta bagi masyarakat yang merasa dirugikan oleh lembaga pinjaman online tersebut

Akhir Kata

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk melapor ke pihak OJK tentang layanan pinjaman online dengan mudah. Dengan adanya cara tersebut, konsumen yang merasa dirugikan oleh pinjaman online yang bersangkutan bisa segera diatasi dan ditanggapi oleh pihak OJK.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kamu yang memang membutuhkan informasi menggenai Cara Melapor ke OJK Tentang Pinjaman Online. Ketahui juga informasi menarik lainnya seperti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *