Beranda » Perbankan » 8 Cara Mengajukan KUR BRI Online Terbaru

8 Cara Mengajukan KUR BRI Online Terbaru

Cara Mengajukan KUR BRI Online Terbaru

Kita pastinya sudah cukup tahu kalau jenis pinjaman yang di klaim terbaik merupakan pinjaman jenis KUR. Dimana untuk Cara Mengajukan KUR BRI sendiri sebenarnya cukuplah mudah dan bisa di ajukan sendiri maupun perorangan.

Pemerintah Indonesia sudah memutuskan untuk memperpanjang pemberian subsidi KUR (Kredit Usaha Rakyat) kepada para usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun 2021 untuk meningkatkan usahanya. Salah satu Bank yang dipercaya untuk memberikan subsidi tersebut yaitu melalui Bank BRI.

KUR sendiri merupakan suatu pembayaran / kredit untuk modal kerja ataupun untuk investasi kepada debitur yang bisa berupa individu, badan usaha atau kelompok usaha yang produktif dan layak untuk membangun sebuah usaha akan tetapi belum memiliki modal yang cukup untuk usaha tersebut. Nah, bagi yang ingin mengajukan KUR namun belum tahu syarat dan cara-caranya maka bisa simak ulasan berikut ini.

Selain persyaratan-persyaratan yang sudah disebutkan diatas oleh MEGANROSSEE.com ada juga syarat lain untuk mengajukan KUR BRI berdasarkan jenisnya. Sebelumnya kamu perlu tau kalau Ada beberapa jenis pinjaman KUR di BRI seperti, KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI yang memiliki perbedaan serta persyaratan sesuai dengan jenis KUR tersebut.

Cara Mengajukan KUR BRI

Cara Mengajukan KUR BRIDibalik kemudahan dalam mengakses layanan Pinjaman KUR BRI tentu saja kamu akan di berikan beberapa syarat yang perlu di penuhi. Masih-masing jenis pinjaman BRI jelas memiliki syarat yang berbeda-beda yang harus di penuhi sebagai langkah awal untuk Cara Mengajukan KUR BRI Online.

Selain cara mengajukannya yang mudah kamu perlu tahu juga kalau Syarat KUR BRI Terbaru sendiri terbilang mudah untuk di penuhi. Bagi yang belum tahu persyaratan dari setiap jenis KUR tersebut, maka bisa simak penjelasan berikut ini.

1. KUR Mikro BRI

Jenis KUR yang pertama yaitu jenis KUR Mikro BRI. Jenis KUR yang satu ini memberikan kredit modal kerja dengan plafon mencapai 25 juta per debitur. Bagi debitur yang ingin mengajukan KUR BRI jenis ini maka persiapkan terlebih dahulu persyaratan berikut ini.

  1. Melengkapi Informasi menggenai identitas seperti KK, KTP, Surat izin usaha dan juga Administrasi yang dibutuhkan.
  2. Usaha yang dimiliki merupakan usaha yang layak dan produktif.
  3. Memiliki usaha yang sudah dibangun dan sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  4. Tidak sedang atau proses menerima pinjaman dari perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, KPR dan KKB.

2. KUR Kecil BRI

Selanjutnya adalah jenis KUR Kecil BRI yang memberikan plafon lebih tinggi dari jenis KUR lainnya. Jenis KUR ini memberikan plafon hingga sebesar 500 juta per debitur sehingga bisa meningkatkan dan mengembangkan usahanya. Untuk mengajukan jenis KUR ini maka calon debitur bisa melengkapi terlebih dahulu persyaratannya seperti berikut.

  1. Sudah memiliki surat izin untuk usaha mikro kecil (IUMK) atau surat izin usaha lain dari pemerintah.
  2. Memiliki usaha sudah dijalankan minimal selama 6 bulan.
  3. Tidak sedang menerima pinjaman dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, Kartu Kredit dan KKB.
  4. Memiliki usaha layak serta produktif.

3. KUR TKI BRI

Untuk Jenis KUR BRI yang terakhir ini merupakan KUR BRI yang khusus untuk membiayai keberangkatan calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Untuk  Plafon yang di berikan pada KUR BRI ini adalah sebesar 25 juta sehingga bagi calon TKI yang belum punya modal untuk akomodasi ke negara penempatan bisa mengajukan KUR jenis ini. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mengajukan KUR TKI BRI.

  1. Memenuhi persyaratan administrasi seperti KK, KTP, Passport, Surat perjanjian penempatan, Surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa dan persyaratan lainnya yang menunjang keperluan TKI.
  2. Merupakan individu yang berstatus sebagai calon TKI dan akan melakukan keberangkatan untuk bekerja ke negara penempatan.

Cara Mengajukan KUR BRI Online

KUR BRISetelah mengetahui jenis KUR BRI berserta syarat-syaratnya maka sekarang bisa lanjut ke cara-cara untuk mengajukan KUR BRI yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Nah, bagi calon debitur yang belum tahu cara untuk mengajukan KUR BRI maka bisa simak penjelasan berikut ini.

Bagi calon debitur yang tidak ada waktu untuk datang ke KCP BRI karena kesibukannya maka bisa lakukan pengajuan KUR BRI melalui cara online. Berikut cara-caranya.

  1. Pertama, kunjungi situs “kur.bri.co.id“.
  2. Kemudian pilih “Ajukan Pinjaman“.
  3. Lakukan login dengan memasukkan email dan password jika sudah memiliki akun, namun jika belum maka pilih “Daftar” untuk membuat akun.
  4. Jika login sudah berhasil maka akan muncul keterangan pernyataan yang diberikan oleh pihak BRI untuk dibaca. Selanjutnya pilih “Setuju“.
  5. Jika sudah maka calon debitur akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan dan setelah itu tinggal kirim pengajuan pinjaman tersebut.

Cara Pengajuan KUR BRI Secara Offline

Cara yang kedua yaitu dengan cara offline yang dilakukan dengan datang langsung ke KCP BRI terdekat untuk melakukan pengajuan KUR. Bagi yang ingin mengajukan KUR merlalui cara ini maka bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, datangi KCP BRI terdekat dengan membawa perlengkapan dokumen seperti, KTP, KK, SKU dan jaminan seperti BPKB ataupun sertifikat.
  2. Setelah sampai di KCP BRI, langsung saja ambil nomor antrean pada bagian CS lalu tunggu hingga dipanggil.
  3. Setelah dipanggil kemudian sampaikan kepada petugas CS bahwa akan mengajukan pinjaman KUR BRI.
  4. Jika sudah maka petugas CS akan meminta calon debitur untuk mengisi form aplikasi dan meminta perlengkapan dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Setelah form selesai diisi dan berkas dokumen sudah diserahkan, selanjutnya CS akan memproses aplikasi dan melakukan uji kelayakan usaha calon debitur dengan melakukan survey. Jika usaha tersebut layak maka pihak BRI bisa menyetujui pengajuan pinjaman KUR tersebut.
  6. Apabila pengajuan KUR sudah disetujui maka calon debitur harus melakukan tandatangan kontrak perjanjian kredit pinjaman di Bank BRI.
  7. Jika penandatanganan kontrak sudah dilakukan kemudian kredit pinjaman akan dicairkan ke rekening calon debitur.
  8. Setelah mendapatkan pinjaman KUR, maka debitur wajib melakukan angsuran setiap bulan dengan jumlah pokok angsuran serta bunga yang sudah disepakati di awal perjanjian.

Syarat Pengajuan KUR BRI tanpa Agunan

Sebelum melakukan pengajuan di Kantor Cabang BRI, sebaiknya ketahui dahulu syarat-syarat yang dibutuhkan pada saat pengajuan agar pengajuan bisa cepat diterima. Beikut ini adalah syarat-syaratnya.

  1. Merupakan individu (perorangan).
  2. Mempunyai usaha minimal sudah berjalan selama 6 bulan.
  3. Menjalankan usahanya pada salah satu platform e-commerce seperti, Tokopedia, Shopee atau e-commerce lainnya serta pada penyedia ride hailing, seperti Grab dan Gojek.
  4. Memiliki persyaratan administrasi seperti, KTP, KK, dan surat izin usaha yang bisa berupa surat keterangan dari e-commerce atau ride hailing.
  5. Tidak dalam proses atau menerima kredit dari perbankan, namu terkecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR dan Kartu Kredit.

Kesimpulan

Itulah cara-cara untuk mengajukan KUR BRI yang bisa dilakukan. Dengan adanya cara-cara tersebut, maka calon debitur bisa menyiapkan terlebih dahulu syarat-syaratnya sehingga proses pengajuan bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, adanya KUR ini akan sangat membantu bagi para debiturnya karena memiliki suku bunga yang cukup ringan yaitu sebesar 6% per tahun dengan pilihan tenor mulai dari 12 yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan debitur. Semoga ulasan ini bermanfaat, Ketahui juga Tabel Angsuran KUR Mandiri Terbaru yang sudah di ulasa pada informasi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *