Beranda » Perbankan » 6 Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Yang Disable

6 Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Yang Disable

cara Mengaktifkan Kartu ATM BRI

Kartu ATM BRI disable? Bagaimanakah cara mengatasinya? Perlu kita ketahui Disable kartu adalah kondisi dimana kartu ATM tidak bisa digunakan untuk bertransaksi lewat mesin ATM. Namun anda tak perlu khawatir, pasalnya hal ini bisa kita atasi dengan mudah.

Perlu kita ketahui BRI memang menerapkan sistem disable kartu untuk menjaga keamanan dari penyalahgunaan kartu ATM atau skimming. Jika kartu ATM anda disable itu artinya anda tidak akan bisa lagi melakukan transaksi jenis apapun dengan ATM BRI tersebut.

Memang ada beberapa penyebab kartu ATM BRI kita disable. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena secara umum kartu ATM disable atau dibank lain ada yang mengistilahkan terblokir sebenarnya bertujuan untuk keamanan data dan uang nasabah untuk menghindari skimming.

Nah bagi anda pengguna ATM BRI dan mengalami hal seperti ini ada beberapa cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah beberapa cara mengatasi kartu ATM BRI yang disable.

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

cara Mengaktifkan Kartu ATM BRI

Bank BRI memang menjadi salah satu bank yang cukup populer. Selain itu, bank BRI juga banyak menawarkan kemudahan dalam berbagai macam transaksi menggunakan kartu ATM. Namun apa yang terjadi jika kartu ATM BRI anda mengalami masalah seperti disable.

Pastinya anda akan merasa panik bukan? Nah, jika anda mengalami hal tersebut anda diharapkan untuk tetap tenang, pasalnya BRI sendiri menerapkan sistem keamanan guna menjaga data para nasabah. Meskipun begitu jika kartu ATM BRI mengalami disable berarti anda tidak akan bisa melakukan transaksi.

Untuk mengatasi hal tersebut memang ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Namun sebelum anda bisa mengatasi masalah kartu ATM BRI disable kalian perlu tahu penyebab pasti kartu ATM BRI anda disable. Untuk lebih jelasnya berikut informasi lengkapnya.

Penyebab Kartu ATM BRI Disable

Adapun penyebab kartu ATM BRI anda berstatus Disable, sehingga tidak dapat digunakan untuk penarikan ataupun transfer melalui mesin ATM diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Disable oleh nasabah sendiri

Disable oleh nasabah sendiri maksudnya adalah pemblokiran ATM BRI dilakukan oleh keinginan pemilik kartu karena beberapa alasan seperti kartu ATM kecopetan atau dicuri, tertelan mesin ATM dan takut penyalahgunaan pihak lain dan alasan lainya.

2. Disable oleh pihak Bank BRI

Pada umumnya pemblokiran ataupun pendisable-an kartu ATM nasabah oleh pihak Bank demi alasan keamanan rekening dan data nasabah dari penyalahgunaan. Dan banyaknya nasabah yang kehilangan uang tabungan di Bank karena khasus skimming, pembobolan atau penyebab sejenis yang lainya bisa menjadi alasan pihak perbankan untuk men-disable kartu ATM.

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

cara mengatifkan kartu ATM BRI Disable

1. Membuka ATM BRI Disable dari Aplikasi Internet Banking

Untuk cara yang pertama dalam mengatasi kartu ATM BRI yang Disable adalah dengan membukanya dari aplikasi Intenet Banking. Untuk menggunakan cara ini pastikan terlebih dahulu anda sudah memasang aplikasi BRI Mobile di samrtphone android yang anda miliki. Berikutnya ikuti langkah-langakah dibawah ini.

  • Jalankan aplikasi BRI Mobile pada smartphone anda.
  • Kemudian kalian tinggal pilih menu Internet Banking.
  • Login ke akun anda menggunakan Password dan Username Internet Banking anda.
  • Pada tampilan utama pilih menu Pelayanan.
  • Lanjut masuk ke opsi Enable Disable Kartu, lalu pilih Enable.
  • Dan untuk konfirmasi silahkan masukan password akun internet banking BRI anda.

2. Enable ATM BRI Menggunakan Mobile Banking

Selanjutnya anda juga bisa mengatasi kartu ATM BRI disable anda dengan menggunakan Mobile Banking. Untuk menggunakan cara ini, berikut adalah langkah-langkah dalam mengatasi kartu ATM BRI disable dengan menggunakan Mobile Banking.

  • Jalankan Aplikasi BRI Mobile pada samartphone anda.
  • Selanjutnya pilih menu Mobile Banking.
  • Dimenu utama silahkan pilih opsi Pelayanan Nasabah.
  • Lalu pilih Enable Kartu ATM.
  • Pada langkah ini, jika anda disuruh untuk memasukan password silahkan ikuti perintah sampai selesai.

3. Membuka ATM BRI Disable Dengan Situs IB BRI

IB BRI merupakan layanan perbankan BRI yang menggunakan antarmuka dekstop dan bisa diakses melalui smartphone ataupun komputer dengan aplikasi Browser. Untuk menggunakan cara ini untuk  mengatasi kartu ATM BRI disable ialah sebagai berikut.

  • Jalankan Browser di komputer dan akses website IB BRI.
  • Kemudian login dengan password dan username IB Banking BRI milik anda.
  • Lalu masuk ke opsi Layanan Nasabah pada deretan menu dibagian atas.
  • Pilih Disable/Enable kartu yang ada disebelah kiri.
  • Selanjutnya tekan tombol Disable/Enable.
  • Masukan password untuk konfirmasi terakhir.
  • Kartu ATM BRI berhasil di Enable dan dapat digunakan kembali.

4. Enable BRI Melalui BRImo

Perlu kalian ketahui aplikasi BRImo tidaklah sama dengan aplikasi BRI Mobile Banking, meskipun aplikasi ini sama-sama dijalankan melalui smartphone. Adapun untuk bisa menggunakan kartu ATM yang tiba-tiba disable dan tidak dapat digunakan kalian dapat mengunakan aplikasi BRImo, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Download aplikasi BRImo melalui aplikasi Playstore pada smartphone anda.
  • Login menggunakan user dan sandi IB BRI akun anda.
  • Ditampilan pertama masuk ke menu Rekening.
  • Tekan tiga titik di selebah kanan atas dan pilih opsi Nonaktifkan Kartu.
  • Dan untuk meng-Enable geser slider agar ATM aktif kembali.

5. Mengatasi Disable ATM BRI di Kantor BRI Terdekat

kantor bank BRI

Selanjutnya kalian juga bisa mengtasi disable ATM BRI anda di kantir BRI terdekat. Hal ini bisa anda lakukan jika anda belum mengatifkan fasilitas BRI Mobile, dan anda bisa langsung datang ke kantor BRI cabang terdekat untuk membuka ATM Disable atau bahkan terblokir karena kesalahan memasukan nomor PIN beberapa kali.

Sebelum anda menuju kantor cabang BRI terdekat anda harus membawa beberapa persayaratan yang harus dibawa seperti Kartu Identitas (KTP), Kartu ATM dan Buku Tabungan. Selanjutnya kalian menuju kantor cabang BRI dan mengambil nomor antrian untuk pelayanan nasabah ataupun customer service.

Dan jika kalian sudah dipanggil ajukan keluhan kalian untuk mengatasi kartu yang disable agar bisa dibuka kembali. Dan jika ATM rusak yang menjadi masalah atau penyebab statusnya disable, maka anda akan disarankan untuk mengganti kartu yang baru dan cukup membayar biaya penggantian kartu ATM rusak saja.

6. Membuka ATM Disable Via BRI Cal Center

Cara berikutnya dalam mengatasi kartu ATM BRI disable adalah dengan melalui BRI Call center. Dengan menghubungi layanan pelanggan atau call center BRI melalui ponsel untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang disable. Langkah ini bisa dilakukan sebagai opsi apabila tidak memiliki akun atau tidak terdaftar di SMS Banking, aplikasi BRI Mobile BRImo atau IB BRI.

Akan tetapi jika anda ingi menggunakan cara yang satu ini kalian wajib memiliki pulsa terlebih dahulu. Selatelah itu catat terlebih dahulu nomor rekening, nam Ibu kanding serta mengisi data diri berupa tanggal lahir. Biasanya ketiga pertanyaan tersebut sering diajukan untuk verifikasi bahwa itu benar-benar pemilik rekening.

Bila sudah siap lakukan panggilan ke nomor BRI Call Center 14017 dan jawab semua pertanyaan dengan benar, jelas dan tidak ragu-ragu. Kemudian lakukan pengaktifan kembali kartu ATM yang disable.

Akir Kata

Itulah beberapa cara mengaktifkan kartu ATM BRI disable dengan mudah dan cepat. Dengan cara-cara diatas semoga saja kartu ATM BRI anda dapat digunakan kembali seperti sedia kala untuk proses transaksi. Selain itu, kalian juga akan dimudahkan dalam setiap proses transaksi ketika menggunakan kartu ATM BRI tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Dan jangan lupa untuk terus simak ulasan artikel terbari kami yang lainya mengenai Cara Bayar FIF Lewat ATM Mandiri pada artikel kami sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *