Beranda » E-Payment » 12 Cara Menonaktifkan ShopeePayLater Tanpa Hapus Akun

12 Cara Menonaktifkan ShopeePayLater Tanpa Hapus Akun

Cara Menonaktifkan ShopeePayLater

Shopee PayLater merupakan sebuah layanan dari Shopee untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan pembelian barang dengan cara dikredit atau dicicil. Layanan ini memang sangat berguna bagi yang tidak memiliki uang untuk membeli barang secara cash atau bagi yang belum gajian sehingga bisa mendapatkan barangnya terlebih dahulu dan pembayarannya bisa dicicil melalui Shopee PayLater dengan tenor yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan.

Meskipun Shopee PayLater sangat membantu, namun ada sebagian orang yang tidak bisa mengontrol ketika menggunakan layanan ini sehingga cicilan akan semakin menumpuk yang menyebabkan hidup menjadi tidak tenang karena terlalu banyak cicilan. Maka dari itu tidak heran jika ada sebagian pengguna Shopee yang ingin menonaktifkan Shopee PayLater, adapun caranya yaitu bisa simak ulasan berikut ini.

Sebenarnya untuk menonaktifkan Shopee PayLater sangat mudah, yaitu cukup dengan membiarkannya saja selama 3 bulan secara berturut-turut. Maka Shopee PayLater akan dinonaktifkan secara otomatis oleh pihak Shopee.

Meskipun cara tersebut keliahatannya mudah, namun ternyata banyak yang tidak tahan karena ingin membeli barang yang diinginkan dengan cara dikredit. Sehingga akan menggunakan kembali layanan Shopee PayLater tersebut.

Maka dari itu, ada cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan Shopee PayLater, salah satu caranya adalah dengan menghapus akun Shopee. Untuk menonaktifkan shopeepay, sama mudahnya dengan Cara Mengaktifkan Shopee Paylater asalkan syarat sudah terpenuhi maka akan sangat mudah menonaktifkannya.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Cara Menonaktifkan ShopeePayLaterDengan menghapus akun Shopee maka secara otomatis layanan Shopee PayLater juga ikut terhapus sehingga layanan tersebut tidak akan muncul kembali ketika akan menggunakan Shopee untuk membeli barang secara online, bagi yang ingin menonaktifkan akun Shopee maka bisa simak langkah-langkah MEGANROSSEE seperti berikut.

  1. Pertama, buka Smartphone lalu cari aplikasi Shopee.
  2. Jika sudah kemudian buka aplikasi tersebut untuk masuk ke halaman utama.
  3. Setelah itu, pilih menu “Saya” yang terletak pada pojok kanan sebelah bawah.
  4. Jika sudah maka akan muncul banyak pilihan menu dan silakan cari menu “Pengaturan Akun“.
  5. Setelah itu tinggal pilih “Ajukan Penghapusan Akun” yang nantinya akan muncul sebuah notifikasi bahwa jika akun shopee dihapus maka tidak bisa dipulihkan kembali.
  6. Jika sudah muncul notifikasi tersebut kemudian pilih “OK“.
  7. Berikutnya tinggal memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS pada nomor yang sebelumnya sudah terdaftar di Shopee.
  8. Jika sudah dimasukkan kode verifikasinya kemudian pilih “Lanjut“.
  9. Selanjutnya akan dibawa ke halaman “Alasan Penghapusan Akun” dan di halaman tersebut ada beberapa pilihan alasan yang bisa dipilih atau apabila tidak ada alasan yang dipilih maka bisa pilih “Lainnya” untuk menulis sendiri alasannya.
  10. Jika sudah kemudian tinggal masukkan alamat email yang masih aktif lalu centang kotak kecil pada bagian Syarat dan Ketentuan untuk penghapusan akun.
  11. Setelah semua diisi dengan lengkap,
  12. Selanjutnya tinggal pilih tombol “Kirimkan” dan pengajuan penghapusan akun Shopee sudah selesai dilakukan.

Jika pengajuan penghapusan akun sudah dikirimkan maka pengajuan tersebut akan diproses dan biasanya hasilnya akan dikirimkan melalui email dalam jangka waktu maksimal selama 7 hari kerja. Cara diatas dilakukan jika ingin berhenti menggunakan layanan dari Shopee.

Namun jika masih ingin menggunakan aplikasi Shopee sebagai andalan dalam melakukan belanja secara online, maka tinggal abaikan saja Shopee PayLaternya dan jangan pernah digunakan selama 3 bulan berturut-turut sehingga Shopee PayLater akan dinonaktifkan secara otomatis.

Resiko Menonaktifkan Shopee PayLater

Cara Menonaktifkan ShopeePayLater Tanpa Hapus AkunAda beberapa resiko yang akan dialami jika menonaktifkan Shopee PayLater. Resiko tersebut mungkin akan membuat rugi sendiri sehingga sebelum akan menonaktifkan Shopee PayLater harus dipertimbangkan lebih dahulu.
Beberapa diantara resikonya adalah sebagai berikut.

  • Koin Shopee yang sudah terkumpul akan hangus.
  • Tidak bisa melihat riwayat transaksi di akun Shopee.
  • Pihak Shopee berhak menolak pengajuan pembuatan akun dikemudian hari dan jika pengjuan ditolak maka tidak bisa menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja online.
  • Shopee akan tetap menyimpan semua data transaksi untuk keperluan audit setelah akun dihapus.

Beberapa Pertanyaan Mengenai Menonaktifkan PaylaterMenonaktifkan ShopeePayLater

1. Apakah Bisa Berhenti dari Shopee PayLater tanpa Menghapus Akun?

Bisa, caranya dengan membiarkan saja Shopee PayLater-nya atau jangan digunakan selama 3 bulan berturut-turut maka Shopee PayLater akan secara otomatis dinonaktifkan. Dengan begitu, pengguna Shopee masih bisa menggunakan aplikasi Shopee-nya untuk berbelanja menggunakan metode pembayaran lainnya.

2. Jika tidak Membayar Tagihan Shopee PayLater, Apa yang Akan Terjadi?

Apabila tidak membayar tagihan Shopee PayLater, maka akan mendapatkan beberapa kesulitan seperti akun Shopee akan dibekukan dan data pengguna akan masuk kedalam blacklist sehingga akan kesulitan jika akan membuat rekening atau mengajukan pinjaman ke lembaga pinjaman lainnya.

3. Bagaimana Menurut Islam Tentang Shopee PayLater?

Ada dua hukum yang yang diberlakukan dalam Islam tentang Shopee PayLater. Pertama hukumnya Mubah, hal ini karena ada perjanjian antara peminjam dan yang memberi pinjaman pada saat pendaftaran.

Kedua adalah Haram, hukum Haram diberlakukan karena adanya praktek riba dengan bunga sebesar 2,95% yang dibayarkan dalam jangka waktu selama 3 sampai 6 bulan.

Akhir Kata

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan Shopee PayLater. Dengan menonaktifkan Shopee PayLater, pengguna Shopee akan terhindar dari cicilan yang menumpuk karena tidak bisa mengontrol keinginan ketika menggunakan Shopee PayLater.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan jika menonaktifkan Shopee PayLater yaitu ada beberapa resiko yang akan diterima sehingga menyebabkan rugi sendiri. Maka dari itu, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menonaktifkan Shopee PayLater. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga TABEL ANGSURAN KUR BRI TERBARU pada ulasan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *