Beranda » Pinjaman Online » Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar Per Hari dan Per Bulan

Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar Per Hari dan Per Bulan

Denda Shopee Pinjam

Kewajiban pengguna Shopee Pinjam adalah membayar tagihan secara tepat waktu, paling lambat pada tanggal jatuh tempo. Apabila telat bayar tagihan maka akan dikenakan denda keterlambatan Shopee Pinjam.

Jangan sepelekan denda pinjaman online ini. Sebab denda Shopee Pinjam tergolong cukup besar. Denda akan dihitung berdasarkan per bulan, sehingga telat bayar 1 hari dan 7 hari dendanya sama saja.

Selain denda, masih ada resiko lainnya jika tepat bayar Shopee Pinjam. Salah satunya adalah membuat riwayat kredit menjadi buruk. Apalagi Shopee Pinjam sudah terdaftar di OJK sehingga setiap keterlambatan akan tercatat di SLIK OJK.

Apabila cuma telat sebenarnya tak jadi masalah, asalkan tagihan tetap dibayarkan. Yang jadi masalah adalah jika pengguna lari dari tanggung jawab dan enggan membayar tagihan pinjaman online tersebut.

Jika tidak mau bayar otomatis riwayat kredit menjadi buruk dan bisa masuk ke dalam blacklist SLIK OJK. Hal tersebut akan mengakibatkan anda kesulitan jika ingin mengajukan pinjaman ke perbankan ataupun layanan pinjaman online.

SLIK OJK bisa dikatakan sebagai data sakti yang berisi riyawat kredit semua masyarakat Indonesia. Data tersebut dipakai semua layanan perbankan dan pinjaman online untuk meninjau kelayakan pemohon kredit.

Ada baiknya langsung membayar tagihan jika telat bayar Shopee Pinjam. Tidak apa-apa membayar denda, asalkan nama baik terjaga. Nah yang jadi pertanyaan, berapakah denda Shopee Pinjam?

Denda Keterlambatan Shopee Pinjam

Denda Telat Bayar SPinjam Shopee Pinjam

Pada saat pertama mengaktifkan Shopee Pinjam, pengguna akan terlebih dahulu diberitahukan biaya serta denda yang dibebankan kepada pengguna SPinjam. Adapun denda jika telat bayar pinjaman online tersebut adalah sebesar 5% dari total tagihan.

Sebagai contoh, apabila memiliki tagihan sebesar Rp. 500.000 maka dendanya adalah sebesar Rp. 500.000 x 5% = Rp. 25.000. Denda SPinjam tersebut akan berlipat ganda apabila telat membayar tagihan hingga berbulan-bulan.

Denda di atas dihitung per bulan. Jadi apabila anda telat satu hari maka dendanya sama saja dengan telat lebih dari satu minggu. Apabila cuma telat 1 bulan mungkin tidak terlalu memberatkan, namun bagaimana jika telat berbulan-bulan?

Bagi yang telat bayar tagihan SPaylater lebih dari 3 bulan maka harus sia-siap berhadapan dengan debt collector. Pihak Shopee berhak melakukan penagihan lewat telepon ataupun penagihan secara langsung dengan mendatangi rumah pengguna SPinjam.

Berurusan dengan debt collector merupakan hal yang sangat menyebalkan. Debt collector akan terus melakukan penagihan hingga akhirnya semua tagihan lunas. Namun apabila tidak ada itikad baik dari peminjam maka tidak menutup kemungkinan di bawa ke ranah hukum.

Akan terasa sangat melakukan jika masuk penjara karena tidak mau bayar cicilan Shopee Pinjam. Jika dirasa tidak mampu membayar cicilan maka lebih baik jangan mengajukan pinjaman.

Jika terpaksa harus meminjam uang karena kebutuhan maka kami sarankan untuk memilih besaran angsuran sesuai pendapatan. Shopee sendiri menawarkan jangka waktu pinjaman hingga 12 bulan sehingga bisa mengurangi beban pengguna dalam membayar angsuran.

Tanggal Jatuh Tempo SPinjam

Agar terhindar dari denda Shopee Pinjam yang kami sampaikan di atas, maka anda wajib membayar tagihan pada tanggal 5 setiap bulannya. Tanggal tersebut merupakan tanggal jatuh tempo pembayaran Shopee Pinjam. Jika lebih dari itu maka otomatis akan dikenakan denda.

Dengan denda 5% per bulan tentu tagihan yang harus dibayarkan menjadi lebih besar. Ada baiknya membayar tagihan secara tepat waktu dari pada harus membayar denda. Lagi pula cara bayar tagihan Shopee Pinjam sangat mudah. Dimana caranya adalah sebagai berikut

  1. Buka aplikasi Shopee, kemudian pilih menu Saya
  2. Kemudian klik menu SPinjam
  3. Setelah itu akan muncul tagihan yang harus dibayarkan.
  4. Silahkan klik tombol Bayar
  5. Kemudian pilih metode pembayaran yang diinginkan
  6. Berikutnya klik Bayar untuk melanjutkan pembayaran cicilan SPinjam.

Kesimpulan

Shopee menyediakan beragam metode pembayaran, mulai dari transfer virtual account lewat ATM, iBanking dan mBanking dan pembayaran melalui Indomaret serta ShopeePay. Silahkan pilih metode pembayaran yang diinginkan, dan jangan lupa untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Cukup sekian informasi meganrossee.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan simak pula artkel lainnya mengenai Cara Daftar Akun OVO dan beragam artikel perbankan serta dunia keuangan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *