Beranda » Perbankan » KUR Bank Kalteng 2021 : Mekanisme, Syarat & Bunga

KUR Bank Kalteng 2021 : Mekanisme, Syarat & Bunga

kur bank kalteng

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang mekanisme KUR di Bank Kalteng. Mulai dari jenis KUR, persyaratan hingga cara mengajukan KUR Bank Kalteng.

Bank Kalteng merupakan salah satu Bank daerah yang bertujuan untuk mengembangkan kesejahteraan masayarakat dari sektor keuangan khususnya daerah Kalimantan Tengah.

Sebagai bentuk upayanya, Bank Kalteng menyediakan berbagai macam layanan seperti tabungan, deposito, giro hingga pinjaman dana tunai. Salah satu layanan yang paling banyak diminati adalah layanan pinjaman dana tunai dalam bentuk KUR.

KUR sendiri merupakan singakatan dari Kredit Usaha Rakyat yang bisa dimanfaatkan untuk modal kerja bagi para pelaku UMKM dari sektor perikanan, pertanian ataupun lainnya. Dengan adanya KUR ini akan sangat membantu bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya sehingga bisa mensejahterakan kehidupannya.

Sama dengan jenis KUR lain seperi Syarat KUR BCA Terbaru, untuk Syarat KUR BANK KALTENG juga hampir sama. Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang KUR Bank Kalteng, maka simak terus ulasan berikut ini.

Informasi KUR Bank Kalteng

Syarat kur bank kalteng

Jenis KUR Bank Kalteng

Ada dua jenis pilihan KUR Bank Kalteng yang bisa dipilih, yaitu KUR Mikro dan KUR Ritel. Kedua jenis KUR tersebut memiliki perbedaan terutama pada segi plafon dan juga tenor angsuran yang diberikan.

Selain itu, suku bunga yang diberikan juga bersaing yaitu sebesar 7% efektif per tahun. Bagi yang belum mengetahui jenis-jenis KUR Bank Kalteng tersebut, maka bisa simak penjelasan MEGANROSSEE seperti berikut.

1. KUR Bank Kalteng Jenis Mikro

Jenis KUR yang pertama yaitu KUR Mikro. Jenis KUR yang satu ini dikhususkan bagi pelaku UMKM berskala mikro yang memiliki usaha kecil. Berikut penjelasannya.

  • Plafon kredit yang diberikan pada KUR Bank Kalteng jenis Mikro ini maksimalnya adalah sebesar Rp25 juta.
  • Jangka waktu yang diberikan untuk Kredit Modal Kerja maksimalnya adalah selama 3 tahun dan bisa diperpanjang hingga 4 tahun.
  • Untuk Kredit Investasi memiliki tenor maksimalnya hingga 5 tahun dan bisa diperpanjang hingga 7 tahun.

2. KUR Ritel

Pada KUR jenis Ritel ini, sangat cocok untuk para pemilik usaha ritel seperti toko atau lainnya. Tidak tanggung-tanggung, jenis KUR ini bisa memberikan plafon maksimal hingga Rp500 juta dengan tenor angsuran maksimal hingga 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja.

Sedangkan untuk Kredit Investasi memiliki tenor maksimalnya hingga 5 tahun dan bisa diperpanjang hingga 7 tahun. Perpanjangan tenor tersebut bisa dilakukan jika memenuhi syarat dan ketentuan dari pihak Bank Kalteng.

Syarat Mengajukan KUR Bank Kalteng

Bagi yang ingin mengajukan KUR Bank Kalteng, pastinya harus mengetahui terlebih dahulu syarat-syaratnya. Dengan mengetahui persyaratan tersebut, nasabah bisa melengkapinya terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan.

Jika belum tahu persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman KUR Bank Kalteng, maka bisa simak penjelasannya berikut ini.

  • WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Mempunyai KK, KTP, NPWP, KTP Suami/Istri, Surat Nikah/Cerai/Surat kematian.
  • Memiliki usaha minial sudah berjalan selama 6 bulan.
  • Akta Pendirian Perusahaan, Surat pengesahan dari kementrian hukum dan HAM (khusus untuk usaha berbadan hukum) dan Akta perubahan terakhir.
  • Memiliki ijin usaha dari instansi yang berwenang seperti SIUP, SITU, HO dan TDP. Bagi pelaku usaha mikro cukup dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kelurahan.
  • Menyediakan pas foto 4×6 sebanyak dua lembar.
  • Tidak termasuk kedalam daftar hitam atau kredit bermasalah.
  • Khusus untuk segmen kecil, menengah dan korporasi siapkan laporan keuangan atau neraca laba dan rugi.
  • Melengkapi dokumen lain yang berkaitan dengan usaha seperti kontrak dan kerjasama dengan supplier.

Cara Mengajukan KUR Bank Kalteng

Setelah melengkapi syarat-syarat yang sudah disebutkan diatas, selanjutnya tinggal menuju ke cara untuk mengajukan KUR Bank Kalteng. Cara untuk mengajukannya yaitu langsung saja datang ke kantor cabang Bank Kalteng yang terdekat.

Adapun cara mengajukannya bisa simak langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Pertama, silakan datangi kator cabang Bank Kalteng dengan membawa persyaratan dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Setelah sampai di lokasi, langsung saja ambil nomor antrean pada bagian CS kemudian tunggu hingga dipanggil.
  3. Jika sudah dipanggil, selanjutnya langsung menuju ke bagian CS. Kemudian sampaikan bahwa akan mengajukan KUR Bank Kalteng.
  4. Setelah itu, petugas CS akan menjelaskan tentang informasi mengenai fasilitas pinjaman tersebut secara detail. Jika dirasa sudah paham, maka petugas CS akan memberikan formulir pengajuan untuk diisi.
  5. Isilah formulir tersebut secara lengkap dan benar. Jika sudah, serahkan formulir tersebut beserta syarat dokumen yang diperlukan.
  6. Setelah diterima oleh petugas CS kemudian CS akan melakukan verifikasi dari berkas-berkas yang diberikan.
  7. Sampai tahap ini kamu bisa kembali ke rumah dan menunggu survey dari pihak Bank.

Survey merupakan salah satu tahap yang menentukan apakah kamu layak mendapatkan pinjaman KUR atau tidak. Biasanya dalam tahap survey tersebut akan ada beberapa pertanyaan yang menjadi pertimbangan.

Maka dari itu, usahakan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas agar bisa meyakinkan petugas Bank yang melakukan survey tersebut. Jika pengajuan diterima, maka kamu akan dihubungi pihak Bank untuk menyelesaikan proses pengajuan seperti tandatangan kontrak, administrasi dan juga pencairan dana pinjaman.

Keunggulan KUR Bank Kalteng

meganrosseBank Kalteng memiliki beberapa keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para nasabah yang mengajukan KUR. Lalu apa saja keunggulannya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Syarat dan Proses Pengajuan Mudah

Keunggulan pertama yang bisa dinikmati nasabah yang mengajukan KUR adalah syarat dan proses pengajuan mudah untuk dilakukan. Selain itu, pengajuan juga akan diproses dengan cepat yaitu selama kurang lebih 7 hari sejak berkas sampai ke pihak Bank.

2. Limit Pinjaman yang Diberikan Besar

Keunggulan selanjutnya, nasabah Bank Kalteng yang mengajukan KUR bisa mendapatkan limit pinjaman yang besar. Adapun limit pinjaman tersebut disesuaikan dengan jenis KUR yang dipilih, yaitu sebesar Rp25 juta untuk jenis KUR Mikro dan Rp500 juta untuk jenis KUR Ritel.

3. Suku Bunga Ringan

Pada KUR Bank Kalteng memiliki suku bunga yang bisa dikatakan ringan. Hal ini dikarenakan KUR Bank Kalteng memberikan suku bunga yang rendah yaitu sebesar 7% efektif per tahun.
Suku bunga tersebut merupakan suku bunga yang paling rendah jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang KUR Bank Kalteng yang perlu diketahui. Dari penjelasan yang sudah disebtkan diatas, para nasabah yang akan mengajukan KUR Bank Kalteng bisa mengetahui secara detail mulai dari jenis KUR, Syarat hingga cara megajukannya.

Dengan begitu, bagi yang ingin mengajukan KUR Bank Kalteng bisa lebih siap karena sudah mengatahui semua prosedurnya. Kamu juga perlu tahu Cara Menghubungi CS Shopee Paylater yang mungkin akan bermanfaat jika menggunakan layanan paylater shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *