Beranda » Perbankan » 5 Persyaratan Dana KUR BRI 2021 : Semua Jenis KUR

5 Persyaratan Dana KUR BRI 2021 : Semua Jenis KUR

Persyaratan Dana KUR BRI 2021

KUR (Kredit Usaha Rakyat) menjadi salah satu pilihan kredit paling menarik saat ini. Salah satu yang paling populer adalah KUR BRI yang menawarkan pembiayaan kredit yang sangat ramah bagi usaha mikro dan berkembang.

Namun untuk melakukan pinjaman KUR BRI ada beberapa proses yang memang haruslah di perhatikan oleh Nasabah Bank BRI. Salah satu yang paling penting dan wajib di perhatikan adalah untuk Persyaratan Dana KUR BRI

Persyaratan dana KUR memang perlu diperhatikan, hal ini karena syarat-syarat tersebut sangat berpengaruh terhadap pinjaman KUR yang diajukan. Apabila syarat yang dibutuhkan tidak lengkap maka secara otomatis pengajuan KUR bisa ditolak ole pihak Bank BRI.

Meskipun syarat dana KUR BRI relatif mudah seperti Cara Daftar Mobile Banking BRI namun saat hendak melakukan pengajuan wajib untuk menyiapkan semua syarat yang ada. Untuk setiap syarat di jenis KUR BRI Sendiri berbeda-beda dan tidak bisa disamakan.

Maka dari itu jika ingin pengajuan KUR BRI diterima, usahakan untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan dana KUR BRI. Nah, dalam ulasan kali ini akan dijelaskan tentang apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI.

Persyaratan Dana KUR BRI Berdasarkan Jenisnya

KUR BRI TerbaruSelain persyaratan yang sudah disebutkan diatas, ada juga syarat lain untuk mengajukan KUR BRI berdasarkan jenisnya. Ada beberapa jenis KUR di BRI yaitu, KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI yang memiliki perbedaan persyaratan sesuai dengan jenis KUR tersebut.

Bagi yang belum tahu persyaratan dari setiap jenis KUR tersebut, maka bisa simak penjelasan MeganRossee.com berikut ini.

1. KUR Mikro BRI

Jenis KUR yang pertama yaitu jenis KUR Mikro BRI. Jenis KUR yang satu ini memberikan kredit modal kerja dengan plafon mencapai 25 juta per debitur. Bagi debitur yang ingin mengajukan KUR BRI jenis ini maka persiapkan terlebih dahulu persyaratan berikut ini.

  1. Melengkapi identitas seperti KK, KTP, Surat izin usaha dan juga Administrasi.
  2. Usaha yang dimiliki merupakan usaha yang layak dan produktif.
  3. Memiliki usaha yang sudah dibangun dan sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  4. Tidak sedang menerima pinjaman dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, KPR dan KKB.

2. KUR Kecil BRI

Selanjutnya adalah jenis KUR Kecil BRI yang memberikan plafon lebih tinggi dari jenis KUR lainnya. Jenis KUR ini memberikan plafon hingga sebesar 500 juta per debitur sehingga bisa meningkatkan dan mengembangkan usahanya. Untuk mengajukan jenis KUR ini maka calon debitur bisa melengkapi terlebih dahulu persyaratannya seperti berikut.

  1. Memiliki surat izin usaha mikro kecil (IUMK) atau surat izin usaha lain yang sejenis.
  2. Memiliki usaha sudah dijalankan minimal selama 6 bulan.
  3. Tidak sedang menerima pinjaman dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, Kartu Kredit dan KKB.
  4. Memiliki usaha layak serta produktif.

3. KUR TKI BRI

Jenis KUR yang terakhir ini merupakan KUR yang khusus untuk membiayai keberangkatan calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke negara penempatan. Plafon yang diberikan oleh KUR ini adalah sebesar 25 juta sehingga bagi calon TKI yang belum punya modal untuk akomodasi ke negara penempatan bisa mengajukan KUR jenis ini. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mengajukan KUR TKI BRI.

  1. Memenuhi persyaratan administrasi seperti KK, KTP, Passport, Surat perjanjian penempatan, Surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa dan persyaratan lainnya yang menunjang keperluan TKI.
  2. Merupakan individu yang berstatus sebagai calon TKI dan akan melakukan keberangkatan untuk bekerja ke negara penempatan.

Ada beberapa syarat yang diperlukan agar pengajuan KUR BRI bisa diterima. Syarat-syarat tersebut harus dilengkapi dan jangan sampai ada yang tertinggal karena jika sampai ada yang tertinggal atau bahkan kurang lengkap, maka secara otomatis pengajuan KUR tersebut akan ditolak dan menyebabkan calon debitur tidak bisa mendapatkan dana KUR tersebut.

Bagi calon debitur yang belum tahu apa saja syarat-syaratnya, maka bisa simak penjelasan berikut ini.

  1. Individu (perorangan).
  2. Sudah memiliki usaha yang masih aktif minimal selama 6 bulan.
  3. Menjalankan usahanya pada salah satu platform e-commerce seperti, Tokopedia, Shopee atau e-commerce lainnya serta pada penyedia ride hailing, seperti Grab dan Gojek.
  4. Memiliki persyaratan administrasi seperti KK dan KTP serta Surat Ijin Usaha yang bisa berupa surat keterangan dari e-commerce atau ride hailing.
  5. Sedang tidak memiliki kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Plafon dan Suku Bunga KUR BRI

Syarat KUR BRIPlafon yang diberikan KUR BRI ini bisa mencapai nominal sebesar 500 juta sesuai dengan jenis KUR BRI yang dipilih dengan pilihan tenor mulai dari 12, 18, 24, 48 hingga 60 bulan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan calon debitur. Selain itu suku bunga yang diberikan juga terbilang ringan, yaitu hanya sebesar 6% pa sehingga bisa meringankan calon debitur yang mengambil pinjaman dana KUR BRI.

Maka dari itu dengan adanya KUR BRI sangat membantu bagi para pengusaha kecil yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

Kesimpulan

Itulah syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan dana KUR BRI agar pengajuan KUR bisa diterima oleh pihak Bank BRI. Dengan adanya syarat-syarat yang sudah dijelaskan diatas, calon debitur bisa mempersiapkan terlebih dahulu persyaratannya sehingga saat mengajukan dana KUR bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, calon debitur juga bisa menentukan jenis KUR BRI sesuai dengan kebutuhan calon debitur sehingga pinjaman dana KUR tersebut bisa lebih efektif. Selamat mencoba dan semoga ulasan ini bermanfaat bagi calon debitur yang akan mengajukan KUR BRI, ketahui juga Cara Transfer Saldo ShopeePay ke Bank pada ulasan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *