Beranda » Perbankan » 20 Syarat KUR Bank Jateng 2021 : Bunga dan Biaya

20 Syarat KUR Bank Jateng 2021 : Bunga dan Biaya

Syarat KUR Bank Jateng – Seperti tidak pernah berlalu kebutuhan akan modal kerja untuk mengembangkan bisnis ataupun usaha yang sedang dijalani terkadang menjadi hambatan utama bagi para pelaku UMKMsaat ini. Maka dari itu banyak dari mereka yang memilih untuk mengajukan pinjaman KUR dari bank-bank tertentu.

Salah satunya adalah bank Jateng ini, KUR atau yang kita kenal dengan Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu produk pinjaman yang diterbitkan oleh bank-bank guna untuk membantu para pelaku UMKM ataupun perorangan yang hendak berinvestasi. Ya, bank Jateng menjadi salah satu bank penerbit KUR yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini.

Pinjaman dengan suku bunga yang rendah memang manjadi salah satu pilihan masyarakat. Dan berbicara mengenai suku bunga, KUR bank Jateng ini memiliki suku bunga yang rendah yang sama halnya dengan suku bunga bank-bank lain seperti KUR BRI, KUR Mandiri dan lain sebagainya.

Untuk bunga KUT Jateng sendiri adalah 6%efektif per tahun atau sebanding dengan 0,2% per bulanya. Lantas bagaimana cara pengajuan KUR Bank Jateng? dan apa sajakah persayaratan yang dibutuhkan? Untuk lebih jelasnya berikut adalah syarat KUR Bank Jateng terbaru saat ini.

Syarat KUR Bank Jateng

Syarat KUR Bank Jateng

Sebagai bank pembangunan daerah, sudah menjadi kewajiban bank Jateng untuk memberikan pelayanan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat di Jawa Tengah. Dan salah satu upaya konkrit dalam proses mewujudkan pemangunan warga Jawa Tengah dilakukan bank Jateng melalui pemberikan modal pada pembisnis UMKM atau yang lebih dikenal dengan program KUR.

Namun untuk meminjam modal dengan program KUR ada beberapa persyaratan yang memang harus dipehuni oleh para nasabah. Dan untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah syarat KUR Bank Jateng yang wajib anda penuhi untuk proses pengajuan pinjaman modal program KUR.

Pengertian KUR Bank Jateng

Untuk pinjaman modal UMKM bank Janteng memang tidak jauh berbeda dengan KUR milik bank BRI dan juga bank Mandiri. Diaman tujuan dari program KUR ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian dan memberikan kesempatan lebih bagi pembisnis kecil untuk berkembang.

Dan pada intinya perbankan akan memberi modal dengan jumplah tertentu guna membangun usaha kecil. Untuk perbedaan syarat KUR BRI serta Mandiri dengan miliki bank Jateng adalah ada pada persyaratan utamanya adalah calon nasabah haruslah pembisni dari area Jawa Tengah.

Jenis-Jenis KUR Bank Jateng

Untuk KUR bank Jateng memiliki dua jenis KUR yakni KUR Mikro dan KUR Ritel. Kedua jenis KUR ini memang memiliki keunggulan tersendiri dan untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak pembahasan mengenai dua jenis KUR yang dimiliki oleh Bank Jateng ini.

1. KUR Mikro Jateng

Untuk KUR Mikro Jateng adalah sebuah pinjaman yang diberikan kepada setiap debitur berupa modal kerja atau investasi dengan plafond maksimal Rp 25 Juta. Biasanya untuk jenis kredit ini memiliki tenor pinjaman mulai dari 3 tahun sampai 5 tahun.

2. KUR Ritel Jateng

Sedangkan untuk KUR Ritel merupakan kredit modal kerja dan investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. Untuk tenor pinjaman KUR jenis ini maksimal 5 tahun baik untuk modal kerja ataupun investasi.

Syarat KUR Bank Jateng

Menurut ketentuan dari bank Jateng syarat agar seorang ataupun badan usaha bisa mendapatkan pinjaman modal usaha diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai sebuah UMKM berbentuk ritel maupun non-ritel dengan produktifitas tinggi di dalam area Jawa Tengah.
  • Pengelola usaha boleh berbentuk perorangan maupun badan usaha seperti firma, CV mapun PT.
  • Usaha sudah berjalan sekurang-kurangnya 6 bulan.
  • Nama pemohon KUR tidak tercantum dalam blacklist Bank Indonesia.
  • Tidak sedang menerima kredit perbankan lain dalam bentuk apapun.
  • Bisnis berbentuk badan usaha memiliki laporan keuangan yang jelas serta terperinci.

Dokumen KUR Bank Jateng

Selain syarat utama diatas, dokume atau berkas pengajuan KUR juga harus disiapkan terlebih dahulu. Dimana dokumen pengajuan pinjaman KUR bank Jateng yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

Dokumen KUR Perorangan

  • Folmulir pengajuan KUR Bank Jateng yang telah ditanda tangani.
  • Fotocopy Kartu Kependudukan (KTP) suami istri.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Surat Ijin Usaha dalam bentuk SKU/SIUP.
  • Surat Jaminan KUR Mikro berupa fotocopy BPKB dan STNK.
  • Surat Jaminan KUR Ritel berupa fotocopy SHM/SHGB dan PBB.

Dokumen KUR Badan Usaha

  • Folmulir pengajuan KUR Bank Jateng yang telah ditanda tangani.
  • Surat Kepemilikan Usaha dalam bentuk SKU/SIUP.
  • Akte Pendirian serta Akte Perubahan Usaha.
  • Fotocopy Kartu Kependudukan (KTP) pemohaon.
  • Fotocopy Surat Keterangan Wajib Pajak (NPWP).
  • Melampirkan data laporan keuangan 6 bulan terakhir.
  • Surat Ijin KUR mikro berupa fotocopy BPKB dan STNK.
  • Surat Jaminan berupa fotocopy SHM/SHGB dan PBB.

Nah selain syarat diatas kalian juga harus menyertakan Surat Keterangan Domisili apabila status kependudukan dalam KTP bukan penduduk asli Jawa Tengah. Dan apabila syarat dan dokumen sudah lengkap silahkan anda mengajukan KUR Bank Jateng melalui kantor cabang di dearah anda tinggal.

Akhir Kata

Itulah beberapa syarat KUR Bank Jateng yang bisa kalian pahami, dengan persayaratan yang ada serta dokumen-dokumen pendukung lainya akan bisa memberikan kelancaran bagi para calon nasabah untuk bisa mencairkan dana pinjaman KUR Bank Jateng.

Demikian informasi dari kami semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian semua. Dan jangan lupa untuk terus simak ulasan arikel terbaru dari kami mengenai Bunga Shopee Paylater Untuk Cicilan 3, 6, dan 12 Bulan pada artikel kami sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *