Beranda » Perbankan » 5 Syarat KUR BRI Terbaru 2021 (Tanpa Jaminan)

5 Syarat KUR BRI Terbaru 2021 (Tanpa Jaminan)

Syarat KUR BRI

Salah satu Program pinjaman yang sedang populer saat ini adalah pinjaman KUR BRI. Dimana pinjaman ini menawarkan banyak keuntungan bagi para nasabahnya termasuk juga Syarat KUR BRI yang terbilang cukup mudah untuk di dapatkan

Sekarang ini banyak masyarakat yang lebih memilih profesi sebagai seorang pengusaha karena dengan menjadi pengusaha tidak akan terikat dengan pihak lain dan bisa bebas mengatur waktu sendiri tanpa harus diatur oleh orang lain.

Apalagi dengan menjadi pengusaha bisa mendatangkan lebih banyak peluang untuk medapatkan uang yang banyak sehingga penghasilan akan lebih besar dibandingkan dengan menjadi karyawan yang penghasilannya tergantung kebijakan pemilik usaha. Berbeda dengan Persyaratan Dana KUR Mandiri untuk Syarat KUR BRI sendiri terbilang di sesuaikan dengan jenis pinjaman.

Namun untuk menjadi pengusaha tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, hal ini karena ada dua faktor yang sangat berpengaruh untuk menjadi pengusaha yaitu soal modal dan juga skill yang mumpuni. Tanpa kedua faktor tersebut untuk menjadi seorang pengusaha sukses akan terasa sulit dan yang pasti haruslah imbang diantara keduanya.

Jika punya modal tapi tidak punya skill itu sama saja hanya akan menghabiskan modal tersebut, namun jika punya skill tapi tidak punya modal itu masih bisa diatasi karena sekarang ini banyak Bank yang menawarkan pinjaman kredit untuk UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR sendiri merupakan suatu kredit atau pembiayaan untuk modal kerja ataupun investasi kepada debitur yang berupa individu, badan usaha atau kelompok usaha produktif dan layak namun tidak memiliki modal yang cukup. Jika ingin melakukan pinjaman KUR, kamu juga wajib untuk mengetahui jenis pinjaman apa yang akan di pilih.

Syarat – Syarat KUR BRI Terbaru

Syarat KUR BRI TerbaruSalah satu Bank yang menawarkan pinjaman KUR tersebut adalah Bank BRI yang memberikan kepada pelaku UMKM untuk menambah modal agar bisa mengembangkan usahanya. Bagi yang belum tahu apa saja persyaratan untuk mengajukan KUR BRI maka bisa simak ulasan berikut ini.

KUR BRI terdiri dari 3 jenis yaitu KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI dimana setiap jenis KUR tersebut memiliki syarat yang berbeda-beda. Untuk membedakan syarat dari ketiga jenis KUR tersebut, simak saja penjelasan MEGANROSSEE.COM berikut ini.

1. Syarat KUR Mikro

Jenis KUR yang pertama yaitu “KUR Mikro”, Jenis KUR ini berupa kredit modal atau investasi dengan plafon sebesar Rp 50 juta per debitur dengan tenor maksimal hingga 5 tahun lamanya. Untuk suku bunga pada jenis KUR Mikro ini adalah sebesar 6% per tahun serta bebas biaya provisi dan biaya administrasi. Adapun syarat-syarat yang dibutuhkan pada jenis KUR Mikro ini adalah sebagai berikut.

  1. Individu.
  2. Memiliki usaha produktif dan layak serta sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  3. Melengkapi identitas diri seperti, KK, KTP, Surat ijin usaha dan juga administrasi.
  4. Tidak ada pinjaman kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, Kartu Kredit dan KKB.

2. Syarat KUR Kecil

Jenis KUR selanjutnya yaitu KUR Kecil yang menawarkan plafon lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu mulai dari Rp50 Juta hingga Rp500 juta per debitur. Masa pinjaman kredit maksimal pada kredit modal kerja adalah selama 4 tahun sedangkan untuk kredit investasi masa pinjaman maksimalnya adalah selama 5 tahun dengan bunga sebesar 6% per tahun.

  1. Memiliki surat IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) atau surat izin usaha lainnya yang serupa.
  2. Mempunyai usaha yang layak dan masih produktif.
  3. Usaha yang dimiliki sudah berjalan dan masih aktif minimal selama 6 bulan.
  4. Tidak memiliki pinjaman dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti, Kartu Kredit, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan juga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selain itu pinjaman pada jenis KUR ini juga tidak dikenakan biaya administrasi, provisi dan agunan sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh pihak Bank. Berikut ini adalah syarat-syarat yang diperlukan untuk mengajukan KUR BRI jenis KUR Kecil.

3. Syarat KUR TKI (Tenaga Kerja Indonesia)

Jenis KUR yang terakhir adalah jenis KUR TKI yang khusus untuk membiayai keberangkatan calon pekerja TKI ke negara penempatannya. Plafon maksimal yang ditawarkan pada jenis KUR TKI ini adalah sebesar Rp25 juta dengan masa pinjaman maksimalnya yaitu selama 3 tahun.
Persyaratan yang harus dipenuhi pada jenis KUR TKI ini adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan individu atau calon TKI yang akan berangkat ke negara penempatan.
  2. Melengkapi persyaratan administrasi seperti, KTP, Visa, Kartu Keluarga, Perjanjian penempatan, Perjanjian kerja dengan pengguna jasa serta persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan.

4. Syarat KUR BRI Tanpa Agunan

Bank BRI juga menawarkan kredit KUR tanpa agunan yang bisa dimanfaatkan oleh calon debitur. Namun agar pengajuan KUR bisa diterima, maka harus melengkapi persyaratannya terlebih dahulu.
Syarat untuk mengajukan KUR BRI tanpa agunan adalah sebagai berikut.

  1. Peorangan (individu).
  2. Mempunyai usaha yang telah aktif dan sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  3. Telah menjalankan usahanya pada salah satu platform e-commerce seperti, Tokopedia, Shopee dan pada e-commerce lainnya serta pada penyedia ride hailing seperti Grab dan Gojek.
  4. Melengkapi administrasi yang berupa KTP, KK (Kartu Keluarga), Surat izin usaha yang bisa berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh ride hailing dan e-commerce.
  5. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit komsumtif, seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kartu Kredit dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Akhir Kata

Selain itu, calon debitur juga harus memiliki usaha yang masih aktif minimal selama 6 bulan agar pengajuan KUR BRI bisa diterima oleh pihak Bank. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat bagi calon debitur yang akan mengajukan pinjaman KUR BRI karena bisa menyiapkan persyaratannya terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan KUR ke Bank BRI.

Itulah syarat-syarat yang harus dilengkapi saat mengajukan pinjaman KUR BRI. Dengan adanya ulasan tentang syarat KUR BRI tersebut, calon debitur bisa memilih jenis KUR sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan calon debitur. Namun ketahui juga Syarat diatas bisa berubah sewaktu-waktu, ketahui juga informasi seperti “Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri” yang sudah di ulasan pada informasi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *